YOUR POST TITLE

MM-DD-YY

YOUR POST TITLE

MM-DD-YY

Verifikasi Akun Paypal Pakai Akun Bank Lokal (tanpa CC/VCC)

Diposting oleh apiet Senin, 05 Juli 2010


Memilik rekening Paypal adalah suatu keharusan untuk pelaku bisnis online. Mengapa? karena Paypal adalah salah satu alat pembayaran (payment procesors) menggunakan internet yang terbanyak digunakan di dunia dan teraman. Pengguna internet dapat membeli barang di ebay, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, mengirim dan menerima donasi/sumbangan, mengirimkan uang ke pengguna paypal yang lain di seluruh dunia, dan Sebagai Penjual, anda bisa menerima bermacam bentuk pembayaran dari berbagai kartu Kredit (Visa, mastercard, american express dll) melalui Paypal. masih banyak fungsi lainnya yang dengan mudah dan otomatis melakukan transaksi via internet.

Yang jadi permasalahan sekarang adalah proses verifikasi pada saat pembukaan rekening paypal, user diharuskan verifikasi rekening paypal dengan menggunakan Kartu Kredit. sementara banyak pebisnis online Indonesia khususnya yang masih pemula tidak memiliki kartu kredit.

Alternatifnya bisa menggunakan VCC atau Virtual Credit Card, proses verifikasi dengan VCC sangat cepat , hanya memakan waktu kurang lebih 5 menit, Namun kekurangan VCC tidak baik jika dalam bisnis online skala besar karena suatu saat pihak paypal bisa minta klarifikasi ke pemilik akun jika terdapat transaksi-transaksi yang bermasalah. VCC juga memiliki time limit yang tidak lama, biasanya paling lama 6 bulan, jika time limit habis maka pihak PP akan minta masukkan CC yang baru!! jika tidak akun PP tidak bisa di pakai pembayaran online otomatis seperti belanja di ebay, amazon atau beli akun Rapidshare.

Bagaimana anda tetap tertarik menggunakan Paypal? Mau tapi Ga punya CC !! , mau pakai VCC tapi takut dengan Limit yang sebentar dan harus bikin VCC berulang-ulang ( bisa terkuras dompet kamu)….. Jangan khawatir sekarang kamu ga perlu Kartu Kredit atau CC atau VCC lagi. Cukup punya rekening tabungan bank seperti BCA, BNI atau Bank Mandiri, berikut ini caranya:

Pertama: kamu perlu mendaftar dahulu di Paypal dengan klik link dibawah ini
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments  instantly.

Pada halaman Paypal klik menu daftar atau sign up. akan tampak pilihan sebagai berikut

2

Sesuaikan dengan kebutuhan, jika bisnis kamu berskala kecil dan account PP hanya banyak di gunakan untuk belanja, gunakan Tipe Akun Pribadi, tanpa biaya dalam menerima pembayaran dari Kartu Kredit, Jika menggunakan Primer atau Bisnis maka akan dikenakan potongan biaya sesuai ketentuan saat menerima pembayaran dari penjualan produk anda.

Ok, apa pun pilihan itu semuanya ada ditangan anda, selanjutnya setelah memilih tipe akun, isikan biodata anda dengan benar dan valid jangan mengisikan data yang tidak valid, karena suatu saat PP bisa saja mengkonfirmasi ulang profile kepada anda, misalnya ada permasalahan dalam transaksi.

Jika proses pendaftaran diterima, maka anda sudah memiliki akun Paypal. dan anda akan diarahkan ke jendela untuk meminta tautan ke kartu kredit anda. abaikan saja klik link dibawahnya kembali ke My account.

Pada dasboard account anda anda lihat saldo menunjukkan 0 .Namun Akun anda penggunaanya masih terbatas, seperti tidak bisa melakukan pencairan dana ke bank lokal, menerima pembayaran dalam jumlah terbatas, atau tidak bisa melakukan pembayaran online. status akun semacam ini dinamakan Unverified ( belum diverifikasi). Pada bagian kanan halaman ada kolom pemberitahuan, yang isinya:

  • Hubungkan dan konfirmasi kartu kredit anda
  • Konfirmasi akun via email
  • Pembaharuan kebijakan

Pada kolom pemberitahuan belum ada link untuk konfirmasi rekening bank, jangan khawatir…itu karena anda belum menambahkan Rekening bank pada akun paypal anda. Klik menu Profile pada navbar > pilih tambahkan rekening bank. masukkan data bank anda sesuai dengan panduan yang ada pada form penambahan bank, masukkan kode bank sesuai dengan nama bank.

Pada kasus ini saya mencontohkan menggunakan bank BNI, pastikan memasukkan nama pemilik rekening sesuai dengan nama pada data akun di paypal, jika ada perbedaan anda akan mengalami kesulitan untuk penarikan dana ke bank lokal nantinya. Setelah data yang anda masukkan semua benar klik tambahkan , maka anda akan melihat halaman infor konfirmasi seperti dibawah ini:

info konfirmasi

Cek email pemberitahuan: dan cek status:

status

Tunggulah 1 hingga 3 hari , anda akan menerima transferan sejumlah kecil uang dari Paypal dengan nominal seperti Rp 1,- dan Rp 50,- (sebaikknya anda memiliki Internet banking untuk memudahkan melihat angka mutasi tersebut). angka transfer tersebut digunakan untuk mengisi form konfirmasi rekening bank pada akun paypal anda.

Akhirnya dalam waktu 2 hari, karena saya mendaftar hari sabtu sore….hari senin sore cek internet banking saya melihat ada transfer sejumlah Rp 13 dan Rp 1

bank

Langsung saja login ke akun Paypal anda, dan lihat pada kolom pemberitahuan, kini sudah ada link Konfirmasi Rekening Bank. (lihat gambar dibawah yang saya beri tanda merah)

tahap 4

Ok , tinggal satu tahap lagi, klik link Konfirmasi rekening Bank seperti digambar, pada halaman konfirmasi masukkan angka transfer yang anda terima>

tahap5

Setelah anda masukkan angka-angka yang diminta, klik konfirmasi. Selesai. sekarang status akun anda berubah menjadi VERIFIED atau Terverifikasi. dan anda sudah mencabut semua batasan penggunaan rekening terkecuali untuk menambahkan dana ke rekening anda tetap diperlukan CC ( tapi saya kira ini tidak terlalu penting buat anda, yang jarang belanja online, kalau mau belanja dan saldo anda kurang beli saja pada penjual balance Paypal, nanti mereka akan transfer balance PP ke rekening PP anda, dan selanjutnta gunakan untuk belanja online)

final

Incoming search terms for the article:

You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar

Posting Komentar